-->

Cara Membuat Link Sumber Secara Otomatis Pada Artikel Ketika di Copy Paste

1 komentar

Cara Membuat Link Sumber Secara Otomatis Pada Artikel Ketika di Copy Paste
Hargai Karya Kami :)
Awal mulanya penulis merasa kesulitan mencari info tentang tips ini. Karena namanya sendiri saja penulis bingung. Mula-mula penulis mencarinya dengan keyword "Cara memberikan mark pada postingan blog", yang muncul malah cara membuat postingan, cara mencari ide untuk postingan, dan lain sebagainya. Penulis cari dari halaman pertama hingga halaman keberapa entahlah penulis lupa tapi tetap saja tidak ketemu.
.
Lalu yang kedua keywordnya penulis ganti dengan "Cara agar memberikan daftar pustaka pada blog", ternyata masih sama saja hasilnya. Lalu "Cara membuat tanda tangan", "Cara memberikan tanda tangan", "Cara memberikan Anti Copas", dan lain sebagainya.
.
Tapi penulis belum menyerah, karena ini merupakan hal yang perlu untuk diterapkan pada blog penulis. Untuk itu penulis harus tetap berusaha. Dan jika tidak menemukan jawabannya penulis akan bertanya pada sahabat blogger di grup facebook. Penulis berusaha ganti-ganti terus keywordnya.
.
Barulah ketemu ketika penulis menggunakan keyword "Cara membuat agar postingan blog ketika di copy paste ada link kita", dan penulis menemukan artikel yang membahasnya, kalau tidak salah pada halaman kedua. Halaman pertama ngaco semua isinya, cuman pembahasan tentang Anti Copas saja. Namun sayang, situs yang penulis temukan sedikit ribet caranya. Tapi setidaknya penulis mendapatkan petunjuk berupa keywordnya dari judul situs tersebut.
.
Keywordnya adalah "Cara memasang link sumber otomatis ketika artikel di copas". Adalah situs adeih-blog.blogspot.co.id yang membahas apa yang dimaksudkan penulis. Caranya juga tidak terlalu ribet. Berikut adalah caranya.
  1. Pertama ucapkan dulu doa untuk memulainya, Bismillahirrahmannirrahim.
  2. Lalu masuklah pada dashboard blog Anda. Silahkan menuju template atau tema lalu klik edit HTML-nya.
  3. Carilah kode </head> dengan menggunakan Ctrl+F agar mudah.
  4. Copy lah kode dibawah ini dan taruh tepat diatas </head> atau sebelum </head>.
<script type='text/javascript'>
function addLink() {
var body_element = document.getElementsByTagName('body')[0];
var selection;
selection = window.getSelection();
var pagelink = "<br/><br/>Sumber: <a href='"+document.location.href+"'>"+document.location.href+"</a><br/>"; // change this if you want
var copytext = selection + pagelink;
var newdiv = document.createElement('div');
newdiv.style.position='absolute';
newdiv.style.left='-99999px';
body_element.appendChild(newdiv);
newdiv.innerHTML = copytext;
selection.selectAllChildren(newdiv);
window.setTimeout(function() {
body_element.removeChild(newdiv);
},0);
}document.oncopy = addLink;
</script>
Kata Sumber yang diwarnai tersebut boleh Anda ganti. Terserah dengan kemauan dan keinginan Anda. Bisa source, bisa dari, dan lain-lain. Setelah itu simpan dan periksalah blog Anda.
.
Keinginan memberikan sumber secara otomatis ini beralasan karena blog penulis adalah blog yang memberikan sekumpulan artikel dan materi untuk perkuliahan maupun sekolah. Selain itu banyak ilmu lain yang penulis tuliskan ke dalam blog ini. Jadi akan percuma jika penulis memasang script Anti Copas. Semoga kalian berbahagia ya muehehe.

1 komentar