-->

Sejarah Islam Ada 3 Periode - Harun Nasution

Tidak ada komentar

Cover Pembaharuan Dalam Islam
Cover Pembaharuan Dalam Islam.
Dalam bukunya Pembaharuan dalam Islam, Harun Nasution menuliskan tentang sejarah Islam yang dibagi dalam tiga periode, yaitu klasik, pertengahan dan modern.
.
Pertama adalah periode Klasik. Periode Klasik ini terjadi pada tahun 650 Masehi hingga 1250 Masehi (650-1250 M). Dalam periode ini pun dibagi lagi menjadi dua fase. Fase pertama adalah fase expansi, integrasi dan puncak kemajuan. Fase ini terjadi pada tahun 650 Masehi hingga 1000 Masehi (650-1000 M).
.
Fase expansi, integrasi dan puncak kemajuan adalah fase dimana Islam menyebar dengan pesat (expansi). Melalui Afrika Utara sampai ke Spanyol pada daerah Barat. Dan melalui Persia sampai ke India pada daerah Timur. Seluruh negeri Islam dikuasai Khalifah yang beribu kota di Madinah, kemudian pindah di Damsyik dan terakhir di Baghdad.
.
Fase ini juga dikatakan puncak kemajuan karena dari fase ini lahirlah para pemuka-pemuka agama dan ilmuwan-ilmuwan muslim, seperti Imam Malik, Imam Syafi'i, Abu Hanifah dan Ibn Hambal dalam bidang hukum. Al Razi, Al Khawarizmi, Al Farabi, Ibnu Sina dan sebagainya.
.
Kedua adalah fase disintegrasi yang terjadi pada tahun 1000 Maseh hingga 1250 Masehi (1000-1250 M). Seperti nama dalam fase tersebut, disintegrasi, yaitu fase dimana umat muslim mulai pecah karena masalah politik. Baghdad yang merupakan ibu kota Khalifah muslim dapat direbut oleh Hulagu pada tahun 1258 M. Khilafah yang merupakan lambang kesatuan politik muslim pun sudah tidak dipergunakan lagi.
.
Kedua adalah periode Pertengahan yang terjadi pada tahun 1250 Masehi hingga tahun 1800 Masehi (1250-1800 M). Masa ini juga memiliki dua fase. Fase yang pertama adalah fase kemunduran yang terjadi pada tahun 1250 hingga 1500 Masehi (1250-1500 M). Fase ini juga merupakan lanjutan dari perpecahan muslimin. Sistem khilafah sudah tidak diterapkan lagi. Perpecahan antara Sunni dan Syiah. Arab dan Persia yang saling menjauh. Pendapat ijtihad kini tertutup. Umat Islam yang berada di Spanyol dipaksa untuk masuk Kristen kalau tidak akan diancam.
.
Lalu kedua adalah fase Tiga Kerajaan Besar yang terjadi pada tahun 1500 Masehi hingga 1800 Masehi (1500-1800 M). Pada fase Tiga Kerajaan Besar juga memiliki zaman yang berbeda, yaitu zaman kemajuan (1500-1700 M) dan zaman kemunduran (1700-1800 M).
.
Zaman kemajuan Tiga Kerajaan Besar. Tiga Kerajaan yang dimaksud adalah: Kerjaan Usmani (Ottoman Empire) yang berada di Turki, Kerajaan Safawi di Persia, dan Kerajaan Mughal di India. Pada zaman kemajuan tiga kerajaan ini hanya berfokus pada kemajuan periode Klasik saja. Tidak memperhatikan ilmu pengetahuan. Sehingga pada era ini hanya terlihat sebuah masjid dan bangunan dengan arsitek yang begitu menawan di mata.
.
Sedangkan di zaman kemundurannya, yang terjadi pada tahun 1700-1800 Masehi, Kerajaan Turki Usmani harus takluk oleh Eropa. Kerajaan Safawi dihancurkan oleh serangan-serangan suku bangsa Afghan. Kerajaan Mughal dipersempit wilayahnya oleh Raja-raja India.
.
Terakhir adalah periode Modern (1800-dan seterusnya). Dalam periode ini merupakan periode dimana jatuhnya Mesir pada orang Barat. Hal ini membuat Islam tak berdaya dengan peradaban baru yang sedang gencar di dunia Barat. Periode inilah yang membuat pembaharuan Islam muncul. Sebagai bentuk kebangkitan Islam.
  • Daftar Pustaka|Prof.Dr.HarunNasution|PembaruanDalamIslam|'SejarahPemikirandanGerakan'|

Komentar