-->

Pengertian Pembaharuan/Modernisasi/Modernisme dalam Buku Pembaharuan Dalam Islam

Tidak ada komentar

Cover Pembaharuan Dalam Islam
Cover Pembaharuan Dalam Islam.
Dalam bukunya Prof. Dr. Harun Nasution pada bab pengantar, beliau menjelaskan apa itu pembaharuan atau bisa disebut modern, modernisasi, modernisme atau dalam bahasa arabnya disebut dengan al-tajdid.
.
Singkatnya makna modernisme adalah pikiran, aliran, gerakan dan usaha untuk merubah paham-paham adat istiadat, institusi-institusi lama, dan hal-hal yang bisa dianggap ketinggalan jaman, untuk disesuaikan dengan suasana baru yang ditimbulkan dari kemajuan zaman (teknologi dan ilmu pengetahuan) itu sendiri.
.
Pikiran dan aliran ini mulai memasuki ruang keagamaan di dunia barat. Karena memang modernisme muncul pertama di barat. Agama di barat mulai mempelajari pembaharuan, hal ini menyebabkan sekularisme disana.
.
Modernisme juga menyebabkan hal-hal baru, seperti rasionalisme, nasionalisme, demokrasi, dan lain-lain. Karena saat itu Islam dalam keadaan kemunduran dan saat itu juga banyak kaum orientalis yang sudah mengadakan studi tentang Islam dan umatnya. Mereka juga telah banyak mempelajari tentang modernisasi. Maka dari itu banyak kaum pemuda Islam berkiblat dari hasil studi para kaum Orientalis.
.
Sebetulnya menurut penulis sendiri hal seperti itu perlu dicek kembali. Karena bisa saja terdapat suatu penambahan-penambahan yang dituliskan kaum orientalis pada hasil observasi mereka.

Komentar